TUGAS SOFTSKILL 3 : ETIKA PEMERINTAHAN

NAMA            : Gracia Ruth Dameria
NPM               : 23211098
KELAS           : 4EB11

            Lembaga Pemerintahan memang lebih terkesan sebagai lembaga politik daripada lembaga ekonomi. Akan tetapi, sebagaimana bentuk-bentuk kelembagaan lainnya, lembaga pemerintahan juga memiliki aspek sebagai lembaga ekonomi. Untuk itu, maka pada sisi yang lain, lembaga ini harus melakukan berbagai upaya untuk memperoleh penghasilan guna menutupi biaya-biaya tersebut. Berdasarkan aktivitas ekonominya itu, maka tidak dapat dibantah jika lembaga pemerintahan juga membutuhkan jasa akuntansi, baik untu meningkatkan mutu pengawasannya, maupun untuk menghasilkan informasi keuangan yang akan digunakannya sebagai dasar dalam pengambilan keputusan-keputusan ekonomi. Akan tetapi, karena sifat lembaga pemerintahan berbeda dari sifat perusahaan yang bertujuan mencari laba, maka sifat akuntansi pemerintahan berbeda pula dari sifat akuntansi perusahaan. Karena itulah akuntansi pemerintahan dikelompokkan sebagai bidang akuntansi yang berdiri sendiri, terpisah dari akuntansi perusahaan.
            Akuntansi Pemerintahan adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga yang tidak memiliki tujuan untuk mencari laba. Kadan akuntansi pemerintahan disebut sebagaia akuntansi anggaran.  Kaitan antara 2 ini tidak hanya menyebabkan timbulnya perbedaan antara akuntansi pemerintahan dengan akuntansi perusahaan, akan tetapi juga menyebabkan sangat bervariasinya praktik akuntansi pemerintahan diberbagai dunia. Disamping itu, juga disebabkan oleh keunikan sifat lembaga pemerintahan, praktik akuntansi pemerintahan disuatu negara juga sangat dipengaruhi oleh sistem pemerintahan, mekanisme pengurusan keuangan negara, dan sistem anggaran negara yang bersangkutan. Maka dari itu, untuk menghidari hal semacam ini baik dari pemerintahan maupun dalam akuntansi pemerintahan itu sendiri diperlukan suatu etika supaya tidak disamakan dengan akuntansi perusahaan .
            Dalam etika Pemerintahan diperlukan sifat khusus, seperti :
  1. Keinginan mengejar laba tidak inklusif didalam usaha kegiatannya
  2. Ia tidak memiliki secara pribadi akan tetapi secara kolektif oleh seluruh warga negara, dan pemilikan ini tidak dibuktikan oleh adanya pemilikan saham yang dapat diperjual belikan atau diperdagangkan
  3. Sumbangan masyarakat terhadap pemerintah, seperti pajak, tidak ada hubungannya secara langsung dengan jasa yang diterima masyakarakat dari pemerintah.
Dalam etika pemerintahan, terdapat anggapan bahwa melalui penghayatan etis yang baik, sehingga dapat membangun komitmen untuk menjadikan dirinya sebagai teladan tentang menjada moralitas pemerintahan
            Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan diatas adalah dalam menjalankan suatu pemerintahan, diperlukan juga suatu etika supaya memastikan agar jalannya pemerintah tetap berorientasi pada hukum yang berlaku sehingga dapat tercapainya suatu tujuan untuk kepentingan bersama, karena pada kenyataannya masih banyak para aparat pemerintah yang sering melanggar etika dan menjadikan jabatannya sebagai kekuasaan yang membuat menjadi menyimpang sehingga akan sangat merugikan masyarakat.
Sumber :
-          Baswir, Drs.Revrisond.1997.AKUNTANSI PEMERINTAHAN INDONESIA.Yogyakarta:BPFE



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALOGI , SINONIM , ANONIM , DAN LOGIKA

CONTOH KASUS BENTURAN KEPENTINGAN

CONTOH KASUS FRAUD ACCOUNTING PERUSAHAAN MULTIKULTURAL DI LUAR NEGERI