Tugas 2. Softskill ( Perilaku Etika dalam Bisnis )

NAMA    : Gracia Ruth Dameria
NPM        : 23211098     
KELAS   : 4EB11

PERILAKU ETIKA DALAM BISNIS
Apa yang anda pikirkan, ketika anda mendengar kata bisnis ? apakah tersirat dipikiran bahwa bisnis itu memiliki perusahaan besar seperti Pertamina dan IBM ? ataukah perusahaan kecil atau kurang berhasil seperti emron ? atau apakah anda membayangkan bisnis keluarga yang kecil seperti membuka toko kelontong, bengkel atau warung  makan ?
Semua organisasi itu disebut bisnis ( perusahaan ), organisasi yang menyediakan barang atau jasa untuk dijual dengan maksud mendapatkan laba. Laba merupakan imbalan yang didapatkan pemilik bisnis dari resiko yang diambil sewaktu menginvestasikan uang dan waktu mereka. Dalam bisnis diperlukan etika dalam berperilaku sehingga bisnis yang dilakukan dapat berjalan dengan baik. Dalam etika bisnis yang perlu diperhatikan adalah Pilihan Konsumen dan Permintaan konsumen, wirausaha dan kesempatan, dan kualitas hidup. Selain itu Pedoman dalam perilaku bisnis juga perlu memperhatikan bertindak penuh integritas, bersikap jujur, mematuhi hukum, mematuhi pedoman dan bertanggung jawab atas semua tindakan kita. Dalam mematuhi hukum dan pedoman maksudnya adalah mempertimbangan yang baik dan menghindari perilaku yang kurang baik. Selain itu juga mempertimbangkan tindakan anda dan perlu bimbingan.
            Setelah itu, dalam bisnis kita perlu bertanya pada sekeliling kita apa yang sebenarnya masyarakat inginkan dari bisnis ini. Yang diinginkan masyarakat adalah Perusahaan diminta untuk lebih bertanggung jawab, transparan dan etis, lalu kinerja tidak lagi diukur dari “berapa yang diperoleh”, tetapi “ bagaimana hasil tersebut dicapai secara etis.
Kesimpulan : dari penjelasan diatas dapat disimpulkan , bahwa Perilaku etika dalam bisnis sangat diperlukan agar bisnis yang dijalankan bisa baik. Dalam menjalankan bisnis sangat diperlukan sikap tanggung jawab dan jujur. Jika 2 hal itu bisa dijalankan dengan disiplin maka bisnis yang ada akan baik .





Griffin, Ricky W;Ebert, Ronald J ( 2006 ) Business, Eighth Edition, Jakarta ; PT. Gelora Aksara Pratama


Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALOGI , SINONIM , ANONIM , DAN LOGIKA

CONTOH KASUS BENTURAN KEPENTINGAN

CONTOH KASUS FRAUD ACCOUNTING PERUSAHAAN MULTIKULTURAL DI LUAR NEGERI