TUGAS SOFTSKILL 1 : PENDAHULUAN ETIKA SEBAGAI TINJAUAN

NAMA           : Gracia Ruth Dameria
NPM               : 23211098
KELAS          : 4EB11


Orang seringkali memahami mengenai etika kurang tepat. Banyak yang mengartikan sebagai tentang yang baik maupun yang buruk. Pemahaman yang seperti ini disebabkan oleh adanya pemahaman karakteristik etika yang bersifat deskriptif maupun non-martif yang masing-masing sifat ini hanya mengacu pada norma-norma saja. Pada dasarnya etika dibagi menjadi 2, yaitu Khusus dan umum. Etika umum memiliki berbagai hal yang berhubungan dengan ajaran yang doktrin yang mengacu pada filosofi. Dalam etika khusus lebih sering dilakukan dalam hal yang berbau sosial, seperti Etika Keluarga, bisnis dan profesi.
Etika diartikan sebagai ilmu yang memperlajari perbuatan dan tindakan manusia.etika dipelajari untuk bisa membedakan suatu perbuatan manusia yang baik maupun yang jahat. Etika pun memiliki tujuan yang bersifat untuk mendapatkan kebahagiaan itu sendiri maupun kenikmatan. Tapi untuk mendapatka suatu kebahagiaan itu sendiri harus dimulai dari diri manusia itu sendiri, dari tindakan asusila, maupun tindakan dari akibat yang dilakukan.
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa etika memiliki 2 sifat, yaitu Deskriptif dan normatif. Etika deskriptif ini dimaksudkan untuk menggambarkan tingkah laku dari kebiasaan , moralitas yang ada dalam individu masing-masing manusia itu sendiri. Dan etika deskriptif ini memiliki sikap yang netral dan tidak memberikan penilaian. Sedangkan etika normatif membicarakan apa yang seharusnya diperbuat atau dilakukan, apa yang seharusnya terjadi atau apa yang memungkinkan seseorang melakukan hal yang bertentangan dan etika ini digunakan untuk menentukan benar atau tidaknya tingkah laku orang tersebut.
Kesimpulan yang dapat diambil dari pembahasan diatas adalah bahwa dalam hidup ini suatu etika sangat diperlukan untuk mengontrol tingkah laku kita di lingkungan sekitar. Bahwa dalam etika itu sendiri memiliki norma-norma yang sangat penting dan harus dijalankan, agar tingkah laku kita lebih terkontrol

Sumber :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ANALOGI , SINONIM , ANONIM , DAN LOGIKA

CONTOH KASUS BENTURAN KEPENTINGAN

CONTOH KASUS FRAUD ACCOUNTING PERUSAHAAN MULTIKULTURAL DI LUAR NEGERI